Kamis, 29 Maret 2012

INGIN TERHINDAR DARI SAKIT JANTUNG MAKAN AJA KARE


Keberadaan kari sebagai makanan khas Asia memang sudah tidak asing lagi. Tetapi sadarkah Anda bahwa kari juga menyimpan manfaat tersembunyi terutama dalam mencegah penyakit jantung?

Sebuah riset terbaru mengindikasikan, orang yang rutin konsumsi kari dengan rasa pedas cenderung terhindar dari penyakit jantung. Para ilmuwan dari Universitas Cina Hong Kong menemukan bahwa terdapat senyawa dalam cabai, seperti cayennes, jalapenos, habaneros dan jenis lainnya mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Studi ini juga menunjukan bahwa keluarga yang terbiasa mengkonsumsi rempah-rempah memiliki Capsaicinoids, yang berfungsi sebagai untuk mencegah pembekuan darah.

Peran rempah-rempah juga ikut andil dalam penurunan resiko penyakit jantung. Penelitian ini diujikan pada hamster yang telah diberi makan kolesterol, sebelum dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok diberi makanan dengan Capsaicinoids, dan sisanya diberi makan biasa. Tujuannya adalah agar para peneliti dapat membedakan kesehatan jantung pada hamster.

Mereka menemukan bahwa senyawa pedas dapat menurunkan kolesteol pada hamster. Yaitu dengan cara mengurangi akumulasi kolesterol dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa Capsaicinoids dapat mengurangi ukuran jumlah lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Hal inilah yang membuat arteri menyempit sehingga terjadi serangan stroke dan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar