Rabu, 28 Maret 2012

NIKMATNYA POPCORN


Popcorn tidak hanya menjadi camilan saat menonton saja, tetapi brondong jagung ini juga dikenal sebagai camilan sehat. Popcorn tawar juga sering disebut sebagai bahan pangan menyehatkan karena memiliki kandungan kalori yang rendah.

Sebuah penelitian menunjukan, bahwa popcorn memiliki jumlah antioksidan yang lebih besar dibandingkan buah dan sayuran. Antioksidan yang dikenal sebagai polifenol ini memiliki manfaat kesehatan yaitu melawan molekul yang dapat merusak sel.

Para peneliti juga menemukan, satu porsi popcorn mengandung hampir 300 mg antioksidan, hampir dua kali lipat dari buah-buahan. Konsentrasi polifenol dan serat paling tinggi terdapat pada bagian kulit, yang berwarna cokelat.

Meski begitu, peneliti Joe Vinson juga menuturkan bahwa bukan berati kita dapat konsumsi popcorn setiap harinya, karena dalam popcorn tidak mengandung nutrisi penting yang biasa ditemui dalam sayuran dan buah.

"Popcorn adalah satu-satunya makanan ringan yang berasal dari 100 persen biji-bijian yang belum terproses. Semua biji-bijian lain diproses dan diencerkan dengan bahan lainnya, jika disebut sereal yang terbuat dari 'biji-bijian' artinya lebih dari 51 persen dari berat produk adalah gandum." jelasnya.

Vinson kembali memperingatkan cara penyajian popcorn yang keliru, justru dapat menimbulkan masalah kesehatan. Seperti, memasak menggunakan minyak, mengoleskan mentega, atau memberikan tambahan garam dan gula, yang justru akan membuat makanan ringan tersebut tinggi kandungan lemak dan kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar