Minggu, 04 September 2011

BINGUNG ITU PINTAR

Bingung adalah suatu keadaan yang kerap kita alami di dalam kehidupan yang penuh dualitas ini. Dari mulai kebingungan kecil, sedang hingga kebingungan besar pernah kita alami di dalam keseharian kita. Dari mulai bingung mau makan apa, masak apa, liburan kemana, pilih jurusan apa, terima tembakan pacar apa tidak, masukin anak ke sekolah mana, mau bekerja dimana, pilih bisnis apa bekerja, berpartner dengan siapa, bercerai atau tidak, sampai yang paling parah adalah bingung menentukan tetap hidup atau mati.
Menurut anda untuk apa semua kebingungan itu dihadirkan ke dalam kehidupan kita? Menurut saya kebingungan-kebingungan di hadirkan kepada kita untuk suatu maksud dan maksud itu baik. Kenapa saya katakan baik karena setiap orang bingung pasti berpikir dan bertanya. Dan setiap orang yang berpikir dan bertanya maka ia akan semakin pintar dan lebih berpengetahuan. Ada pepatah: "Seorang pria menjadi belajar dengan mengajukan pertanyaan"... orang jadi berpengetahuan dengan banyak bertanya. Jadi nikmati saja kebingungan sebagai hal yang wajar dan pasti dialami dalam hidup. Biarkan ia membuat kita tambah dewasa dan matang dalam berpikir dan mengambil keputusan serta membuat kita jadi tambah berpengetahuan.
Berani kotor itu baik begitu bunyi sebuah iklan di televisi, berani bingung juga baik…he…he.
Kenapa kita bingung? Biasanya kita bingung karena kalkulasi rasional kita mentok. Segala sesuatunya tidak bisa lagi kita pikirkan! Sementara kita harus melangkah dan bertindak. Pada kondisi seperti ini yang kita lakukan adalah jeda sejenak kemudian berpikir ulang atau bertanya ke orang terdekat atau orang yang lebih ahli dan berpengalaman. Jika segala kemungkinannya bisa kita pikirkan biasanya kita tidak bingung.
Ada juga yang semua kalkulasi rasional masuk tapi masih tetap bingung untuk melangkah dan bertindak. Nah, pada kondisi seperti ini menurut saya anda diingatkan oleh hati untuk tidak melakukan atau mengkaji ulang hasil dari kalkulasi rasional. Ketika semua hitung-hitungan sudah ok tapi anda tetap bingung atau ada sedikit keraguan itu adalah ‘sign’ dari hati. Sebaiknya anda menunda kalau tidak membatalkan rencana anda tersebut. Tunggu sampai anda benar-benar yakin dengan kebulatan hati baru melangkah. Jangan pernah melakukan segala sesuatunya dalam keadaan meragu. Usahakan melangkah dan mengambil suatu keputusan dengan keyakinan dan kebulatan hati penuh.
Apakah yang harus kita lakukan jika sudah berpikir ulang dan bertanya tapi masih tetap bingung? Mohon petunjuk. Jika semua usaha sudah kita lakukan tapi masih juga tetap bingung itu artinya kita memang harus berpaling kepada Sang Penguasa Kehidupan. Mungkin dalam usaha kita selama ini tidak ‘minta restu’ dari-NYA. Sehingga belum membuahkan hasil. Idealnya adalah setiap apapun yang kita lakukan harus di iringi doa agar seiring sejalan. Seringkali kita membuat Tuhan sebagai alternatif terakhir.
Di dalam bermohon petunjuk pun kita harus tetap berusaha. Karena tanpa usaha kita sendiri Tuhan juga tidak akan merubah keadaan kita. God does not change the fate of the people until they change what is in themselves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar